PENGEMBANGAN KURIKULUM MODEL MILLER-SELLER

  • Ramsah Ali Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Gajah Putih Takengon
Keywords: Model Miller-Seller, Pengembangan Kurikulum

Abstract

Kurikulum adalah kata yang sering digunakan dalam dunia pendidikan. Kurikulum merupakan pedoman yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan adanya kurikulum maka proses pembelajaran akan terarah dan terkontrol serta dapat mencapai tujuan diadakannya proses pembelajaran Sedangkan pengertian kurikulum yang ditetapkan pemerintah dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS menyatakan bahwa “kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan penbelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.Model-model pengembangan kurikulum merupakan bagian integrasi dalam studi pengembangan kurikulum, bahkan sering dianggap bagian yang yang lebih penting dibandingkan dengan dimensi lainnya, karena produk akhir dari proses pengembangan kurikulum adalah suatu kurikulum siap pakai. Suatu kurikulum  final harus memiliki pola, stuktur organisasi dan isi tertentu. Adapun pengembangan model kurikulum yang disebut model Miller-Seller memiliki beberapa komponen-komponen yaitu orientasi, tujuan, pengalaman belajar/model mengajar, implementasi dan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-02
How to Cite
Ali, R. (2017). PENGEMBANGAN KURIKULUM MODEL MILLER-SELLER. Ta’dib, 7(1), 116-134. Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/tadib/article/view/42