Analisis Psikologis Perkembangan Anak Pada Usia Sekolah

  • Saumi Mahara Mahasiswa Pascasarjana Stain Gajah Putih Takengon
Keywords: Psikologis, Analisis, Perkembangan, Anak, Usia, Sekolah

Abstract

Perkembangan adalah suatu proses yang dialami oleh semua makhluk hidup di muka bumi ini. Perkembangan dapat diartikan sebagai proses yang bersifat kualitatif dan berhubungan dengan kematangan seorang individu yan dapat ditinjau dari perubahan yang bersifat progresif dan sistematis di dalam diri manusia sejak lahir sampai meninggal dunia. Sepanjang hidup kita merupakan suatu rangkaian proses yang terus berlanjut, proses tersebut meliputi perkembangan, pertumbuhan, serta kematangan baik fisik maupun mental dan pengetahuan. Ciri-ciri perkembangan secara umum dapat kita ketahui seperti : Terjadinya perubahan dalam aspek fisik (perubahan berat badan dan organ-organ tubuh) dan aspek psikis (matangnya kemampuan berpikir, mengingat dan berkreasi), terjadinya perubahan dalam proporsi aspek pisik minsalnya tubuh anak akan berubah sesuai dengan fase perkembangannya dan perubahan imajinasi dari fantasi kerealitas. Jika kita membahas tentang perkembangan maka tak lepas pula dari masalah pertumbuhan. Pertumbuhan adalah perubahan ukuran organisme karena bertambahnya sel dalam tubuh atau dengan kata lain adalah perubahan ukuran dari kecil menjadi besar. Ciri-ciri peserta didik usia sekolah yaitu Ada hubungan yang kuat antara keadaan jasmani dan prestasi sekolah, suka memuji diri sendiri, kalau tidak dapat menyelesaikan tugas atau pekerjaan, tugas atau pekerjaan itu dianggap tidak penting, suka membandingkan dirinya dengan anak lain, jika hal itu menguntungkan dirinya, suka meremehkan orang lain, perhatiannya tertuju pada kehidupan praktis sehari-hari, ingin tahu, ingin belajar dan realistis, timbul minat kepada pelajaran-pelajaran khusus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-29
How to Cite
Mahara, S. (2018). Analisis Psikologis Perkembangan Anak Pada Usia Sekolah. Ta’dib, 8(1). Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/tadib/article/view/132