PENGGUNAAN SOFTWARE CABRI 3D DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR

  • Septia Wahyuni STAIN Gajah PutihTakengon, Aceh
Keywords: bangun Ruang Sisi Datar, Pembelajaran Matematika, Software Cabri Geometri 3D

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi bangun ruang sisi datar. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbantuan software Cabri geomtri 3D. Penelitian ini mengkaji masalah peningkatan hasil belajar matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran berbantuan Software Cabri Geometri 3D dan pembelajaran konvensional. Selain itu, diungkap pula sikap siswa terhadap pembelajaran matematika berbantuan software Cabri Geometri 3D. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design dengan menggunakan teknik Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran berbantuan Software Cabri Geometri 3D  dan pembelajaran konvensional. (2) Secara umum, siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika berbantuan Sofware Cabry Geometri 3D.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-03
How to Cite
Wahyuni, S. (2017). PENGGUNAAN SOFTWARE CABRI 3D DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR. Sidik Sasat, 6(1), 117-123. Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/62
Section
Articles