PENGARUH BELIEF DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODEMENGAJAR DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU ALAMIAH DASAR (IAD)

  • Nurul Qomariyah Ahmad STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah
Keywords: hasil belajar IAD, persepsi mahasiswa, belief

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh belief dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen terhadap hasil belajar ilmu alamiah dasar (IAD). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 44 responden dengan teknik cluster random sampling.Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji linieritas. Teknik analisa data ada dua yaitu analisis regresi sederhana satu prediktor dan analisis regresi ganda dua prediktor.  Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; (1) belief memiliki pengaruh positifdan signifikan terhadap hasil belajar pada IAD, (2) terdapat pengaruh positifdan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen terhadap hasil belajar IAD (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara belief dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen terhadap hasil belajar IAD. Selanjutnya, untuk meningkatkan hasil belajar IAD maka belief dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen harus ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-03
How to Cite
Ahmad, N. Q. (2017). PENGARUH BELIEF DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODEMENGAJAR DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU ALAMIAH DASAR (IAD). Sidik Sasat, 6(1), 110-116. Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/61
Section
Articles