Penerapan Teknik Retelling dalam Upaya Meningkatkan kemampuan Mendengar

  • Hendriyanto Bujangga STAIN Gajah Putih Takengon
Keywords: Teknik Retelling dan Mendengarkan

Abstract

Mendengar merupakan salah satu jenis keterampilan lisan sebagai mana dengan berbicara. Kedua keterampilan tersebut merupakan keterampilan yang paling sering digunakan dibandingkan dengan keterampilan menulis dan membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan  pemahaman siswa dalam mendengar dengan menggunakan media audio visual dan untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam mendengar. Dalam hal ini peneliti ingin meningkatkan keterampilan mendengar siswa dengan menggunakan alat multimedia yang disebut Film Animasi.

Tujuan dari penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut yaitu: untuk mengetahui bagaimana penerapan film animasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengar bagi mahasiswa semester kedua pada Jurusan Bahasa Inggris di STAIN Gajah Putih Takengon, dan untuk mengetahui respon siswa  terhadap penerapan film animasi dalam proses belajar listening di STAIN Gajah Putih Takengon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diarahkan untuk menemukan solusi dari masalah yang didapatkan mahasiswa dalam mendengar. Peneliti bekerjasama dengan dosen yang mengajar mata kuliah Listening di STAIN Gajah Putih Takengon, sehingga penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas secara kolaboratif. Dalam penelitian ini ada dua permasalahan yang dapat dirumuskan sebagai berikut, Pertama, bagaimana film animasi diterapkan dalam upaya meningkatkan keteampilan mendengar mahasiswa di STAIN Gajah Putih Takengon?. selanjutnya, bagaimana respon mahasiswa terhadap penerapan film animasi dalam proses belajar Listening di STAIN Gajah Putih Takengon?. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dalam enam kali pertemuan. Adapun hal yang harus direvisi dilakukan pada siklus kedua adalah tentang: (1) bahan ajar (2) cara memberikan instruksi (3) penjelasan dosen dan model interaksi di dalam kelas.Temuan dalam penelitian ini membuktikan bahwa penerapan film animasi merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan mendengar mahasiswa. Adapun tahapan dalam penerapan film animasi ini terdiri dari lima tahap yang saling terkait, yaitu; (a) Mengidentifikasi tujuan pengajaran untuk mengajarkan Listening dengan menggunakan film animasi. (B) mengenalkan kepada siswa proses dan tata cara mendengar menggunakan film animasi (C) menentukan film animasi sebagai media yang digunakan. (D) menjelaskan cara meningkatkan  keterampilan mendengar melalui penerapan film animasi (e) merancang dan merumuskan jenis dan model test dalam penerapan film animasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-29
How to Cite
Bujangga, H. (2018). Penerapan Teknik Retelling dalam Upaya Meningkatkan kemampuan Mendengar. Sidik Sasat, 8(1). Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/141
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)