Strategi Kepala Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Aceh Tengah Dalam Implementasi Program Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik

  • Nurmalina Nurmalina STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah, Aceh
  • Imam Munandar STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah, Aceh
  • Muhammad Hasyimsyah Batubara STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah, Aceh
Keywords: Strategi Kepala Madrasah, Program Pembentukan Karakter Islami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan kendala kepala madrasah dalam implementasi program pembentukan karakter Islami peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) program madrasah yang dirumuskan untuk meningkatkan mutu madrasahtertuang dalam program pembiasaan yang diterapkan secara terus menerus dan tersturktur; (2) Kegiatan islami yang dilaksanakan dalam rangka membentuk karakter islami yaitu budaya salam kepada guru, membaca surat pendek, bershalawat kepada nabi dan rasul, membaca doa sehari-hari, asmaul husna, praktek shalat, jum’at bersih,  baca yasin di hari jum’at, caramah islami, memperingati hari besar Islam, shalat dhuha bersama, mengucapkan salam apabila bertemu guru dan teman, keteladanan guru, menghafal rukun islam dan mempraktikannya, berpakaian islami, berbicara sopan,  dan membiasakan sedekah; (3) Karakter Islami yang diharapkan meliputi Saling menghargai, disiplin, menjadi teladan, cinta lingkungan, tanggung jawab, gemar membaca, kreatif, berakhlak mulia, menghormati orang tua, guru dan sesama, toleransi, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan cinta tanah air, komunikatif, cinta damai, gemar menbaca, peduli lingkungan,  peduli sosial, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT; (4) Faktor penghambat dari pelaksanaan strategi kepala madrasah ini adalah kurangnya kepedulian orang tua, kurangnya disiplin bagi sebagian siswa yang tidak menerapkan pembiasaan tersebut di rumah, kurangnya sarana dan prasarana, latar belakang peserta didik, perkembangan tekhnologi dan perubahan kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-29
How to Cite
Nurmalina, N., Munandar, I., & Batubara, M. H. (2018). Strategi Kepala Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Aceh Tengah Dalam Implementasi Program Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik. Sidik Sasat, 8(1). Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/138
Section
Articles