Kesulitan Pembelajaran Qawaid Dimadrasah Tsanawiyah (Kajian pada MTsN Jagong)

  • Hamdan Hamdan STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah, Aceh
Keywords: kesulitan, pembelajaran, qawaid

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang fenomena-fenomena kesulitan pembelajaran qawaid dari aspek yang dihadapi guru dan siswa yang membutuhkan kepada analisa untuk keefektifan proses belajar mengajar qawaid. Yang terfokus pada proses pembelajaran  dan kesulitan-kesulitan  yang ditemukan  di madarasah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menemukan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dan murid dalam proses pembelajaran Bahasa Arab.Penelitian ini menggunakan metode deskriptip  pendekatan  kualitatif,sumber data guru bahasa Arab dan juga para siswa kelas dua. Tehnik pengumpulan data yang dipergunakan  adalah observasi,wawancara dan dekumen- dokumen yang mendukung. Sedangkan hasil penelitian yang didapatkan adalah bahwa pelaksanaan pengajaran qawaid pada madrasah ini tidaklah berjalan sebagaimana mestinya dan kesulitan-kesulitan yang di hadapi guru adalah banyaknya materi pembelajaran yang tidak sesuai dengan waktu yang tersedia serta sukarnya memilih metode yang sesuai karena perbedaan individual siswa. Kesukaran yang di hadapi oleh para siswa adalah kurangnya kompetensi bahasa yang cukup dan adanya pemikiran para siswa bahwa pembelajaran ini sukar dan tidak penting dalam kehidupan masa depan mereka sehingga mengurangi minat dan motivasi mereka dalam pembelajaran ini.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-29
How to Cite
Hamdan, H. (2018). Kesulitan Pembelajaran Qawaid Dimadrasah Tsanawiyah (Kajian pada MTsN Jagong). Sidik Sasat, 8(1). Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/136
Section
Articles