Terms Of Trade Dalam Perdagangan Internasional

  • Upi Sopiah Ahmad STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah, Aceh
Keywords: Terms of  Trade, perdagangan internasional

Abstract

Dalam perdagangan internasional istilah terms of trade memiliki pengaruh cukup besar terhadap kesejahteraan suatunegara dan bangsa, juga sebagai pengukur posisi perdagangan luar negeri. Perdagangan internasional bukan hanya masalah adanya keuntungan, tetapi yang lebih penting adalah seberapa besar keuntungan itu.Ekspor dilakukan oleh suatu negara karena harga barang yang diekspor memiliki nilai lebih tinggi di luar negeri, hasil ekspor tersebut digunakan untuk mengimpor barang dari negara lain. Barang yang di ekspor negara-negara berkembang pada umumnya adalah komoditi primer berupa barang yang tidak tahan lama, sedangkan barang yang di impor adalah barang-barang industri yang tahan lama, sehingga dasar tukar negara-negara berkembang terus menerus mengalami penurunan. Pada bagian ini ada beberapa konsep dasar tukar yaitu :

  1. Net barter terms of trade
  2. Grossof barter terms trade
  3. Income terms of trade
  4. Single factorial terms of trade
  5. Double factorial terms of trade

Suatu Terms of trade dikatakan baik, jika menunjukkan bahwa dengan setiap unit barang ekspor yang dijual oleh negara,  dan negara tersebut dapat membeli lebih banyak unit barang yang diimpor. Selain mempengaruhi pendapatan negara, pergerakan terms of trade juga mempengaruhi nilai tukar riil, dan perbaikan terms of trade akan meningkatkan pendapatan negara tersebut dari perdagangan,  demikian pula sebaliknya.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-29
How to Cite
Ahmad, U. S. (2018). Terms Of Trade Dalam Perdagangan Internasional. Mubeza, 7(1). Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/mubeza/article/view/122
Section
Articles