Nilai-Nilai Dakwah Dalam Bisnis

  • Kartini Kartini
Keywords: Nilai dakwah, bisnis

Abstract

Sesungguhnya esensi dakwah terletak pada usaha pencegahan (preventif) dari penyakit-penyakit masyarakat yang bersifat psikis dengan cara mengajak, memotivasi, merangsang serta membimbing individu atau kelompok agar sehat dan sejahtera jiwa dan raganya, sehingga mereka dapat menerima ajaran agama dengan penuh kesadaran dan dapat menjalankan ajaran agama sesuai dengan tuntutan syariat islam.Bisnis merupakan kegiatan yang terkait dengan usaha peningkatan kualitas hidup- produk distribusi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan dan daya jual beli. Kecenderungan peningkatan kebutuhan hidup yang terus meningkat dan dinamis, mendorong perekonomian dunia menjadi berkembang dan mendorong berlakunya pasar bebas yang berbasis pada prinsip efesiensi, karena sumber sumber yang di gunakan semakin langka. Dampaknya kegiatan bisnis menjadi semakin kompleks. Prilaku bisnis selalu mengarah kepada siapa yang kuat yang dapat bertahan ( survival for thefittes ), Hampir semua pelaku bisnis berlomba untuk  memenangi persaingan dengan cara yang paling memungkinkan. Prinsip untuk menjadi yang kuat bukan menjadi yang terbaik. Nabi Muhammad  bisa sukses dalam membangun kerajaan bisnisnya tak bisa dilepaskan dari berbekal etos kerja yang amanah yang dimilikinya, tak hanya itu, beliau juga memiliki modal langka berupa gelar al-Amin (orang yang dapat dipercaya), serta modal lain berupa kecerdasan (fathanah), serta cakap dalam berkomunikasi dan bernegosiasi (tabliqh) terbukti ampuh mengantarkan beliau dalam meraup keuntungan di setiap dunia bisnis yang digelutinya.Komunikasi bisnis sebagai suatu aktivitas yang melibatkan manusia dalam suatu transaksi maupun kesepakatan bisnis, hendaknya mengedepankan nilai-nilai yang menjunjung tinggi kemanusiaan. Dengan demikian, ia selayaknya dikemas sebagai suatu ajakan untuk selalu mensyukuri setiap anugerah Allah berupa jabatan, penghasilan, margin keuntungan, bonus dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-29
How to Cite
Kartini, K. (2018). Nilai-Nilai Dakwah Dalam Bisnis. Mubeza, 7(1). Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/mubeza/article/view/119
Section
Articles