PENGUATAN PERAN NAZHIR DALAM OPTIMALISASI WAKAF PRODUKTIF DAN UPAYA MEMBERDAYAKAN EKONOMI UMAT DI KABUPATEN BENER MERIAH (Pengabdian Dosen Kepada Masyarakat tahun 2017)

  • Anwar Anwar STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah, Aceh
Keywords: wakaf produktif, optimalisasi wakaf, wakaf, Nazhir

Abstract

Nazhir dapat memainkan peranannya dalam  mengelola harta benda wakaf sebagai upaya pemberdayaan ekonomi umat,l apabila harta benda wakaf baik yang bergerak atau yang tidak bergerak dapat difungsikan secara optimal sebagai upaya peningkatan ekonomi umat, dengan cara  diinvestasikan, yaitu dengan menjadikan aset wakaf bernilai ekonomis. Akan tetapi realita di lapangan banyak wakaf yang tidak dikelola dengan model wakaf produktif. Data Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah serta Data dari Kantor Baitul Mal Kabupaten Bener Meriah tahun 2017 menunjukkan bahwa wakaf produktif hanya 0,1% dari keseluruhan wakaf yang ada di Kabupaten Bener Meriah. Minimnya wakaf produktif adalah disebabkan oleh minimnya kemampuan nazhir dalam mengelola harta benda wakaf secara profesional.Nazhir tidak memiliki kompetensi dalam pengelolaan harta benda wakaf, sehingga yang muncul adalah wakaf-wakaf yang tidak bernilai ekonomis dan konsumtif serta tidak terkelolanya dengan baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-29
How to Cite
Anwar, A. (2018). PENGUATAN PERAN NAZHIR DALAM OPTIMALISASI WAKAF PRODUKTIF DAN UPAYA MEMBERDAYAKAN EKONOMI UMAT DI KABUPATEN BENER MERIAH (Pengabdian Dosen Kepada Masyarakat tahun 2017). Mubeza, 7(1). Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/mubeza/article/view/114
Section
Articles