Peran Pendidikan Islam Dalam Dinamika Perubahan Sosial Di Indonesia

  • Rosdiani Nasution STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah, Aceh
Keywords: Pendidikan, Islam, Sosial

Abstract

Pendidikan sejatinya merupakan proses sosial yang bertujuan mengembangkan potensi hidup manusia baik secara individual maupun secara sosial. Sebab dengan pendidikanlah manusia memerankan hidupnya sebagai makhluk yang paling mulia di dunia ini. Karena pendidikan juga merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia yang berlangsung seumur hidup. Sebagai kebutuhan pokok  manusia, pendidikan itu sendiri sarat dengan nilai-nilai yang bersifat fundamental, seperti nilai sosial, ilmiah, moral dan agama. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan Islam dalam dinamika perubahan sosial yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Pendekatan dalam peneltian ini adalah penelitian kepustakaan. Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan manusia. Bagaimana agar pendidikan itu tidak hanya hanyut oleh dinamika perubahan, tetapi ia mampu memerankan dirinya sebagai agen perubahan itu sendiri. Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam, tentu sangat memperhatikan keadaan masyarakat. Hal ini terlihat dari bukti sejarah, bagaimana Nabi Muhammad SAW membangun masyarakat Arab. Kemudian terus berkembang hingga Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa Islam membangun masyarakat melalui pendidikan, karena proses pendidikan merupakan salah satu cara yang efektif dalam membangun umat. Dalam pendidikan Islam selalu memperhatikan dua sudut pandang dalam segala aspek, seperti aspek lahiriyah dan bathiniyah, aspek individual dan sosial, duniawi dan ukhrowi, yaitu terbentuknya insan kamil.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-29
How to Cite
Nasution, R. (2018). Peran Pendidikan Islam Dalam Dinamika Perubahan Sosial Di Indonesia. GEMA, 8(1). Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/gema/article/view/161
Section
Articles