Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Di SD/MI

  • Rahmanita Zakaria STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah,Aceh
Keywords: Media, Pembelajaran, Video

Abstract

Media belajar diakui sebagai salah satu faktor keberhasilan belajar. Dengan media, peserta didik dapat termotivasi, terlibat aktif secara fisik maupun psikis, memaksimalkan seluruh indra peserta didik dalam belajar dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Sebuah media adalah sebuah sarana komunikasi dan sumber dan penerima. Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing dengan kehadiran video. Video adalah teknologi penangkapan, perekaman, pengolahan dan penyimpanan, pemindahan dan perekonstruksi urutan gambar diam dengan menyajikan adegan-adegan dalam gerak secara elektronik. Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia. Video merupakan gambar yang bergerak. Jika objek pada animasi adalah buatan, maka objek pada video adalah nyata. Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan sosial budaya dinegara kita saat ini, menonton video merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seluruh kalangan. Video yang dimaksud dalam penelitian ini adalah gambar hidup yang mempunyai tampilan visual dan audio, saat ini video telah mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Video memiliki berbagai peran, selain sebagai sarana hiburan, video juga juga dapat berfungsi sebagai media pembelajaran. Media berbasis video ini didesain dengan mengunakan prinsip-prinsip pengemabangan yang memperhatikan berbagai aspek yang mempengaruhi keberhasilan pembeajaran. Dengan harapan menjadikan peserta didik termotivasi dalam belajar, serta dapat dipergunakan sesuai tingkat kecepatan berpikir peserta didik dalam memahami materi dan kebutuhannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-29
How to Cite
Zakaria, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Di SD/MI. GEMA, 8(1). Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/gema/article/view/159
Section
Articles