Konsumsi dalam Perspektif Alquran dan Hadis (Konstruksi Konsep Konsumsi Menurut Alquran dan Hadis)

  • Abdiansyah Linge STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah Aceh

Abstract

Kajian analisis ekonomi menjelaskan preferensi seorang konsumen terhadap sebuah komoditas sangat dipengaruhi oleh kecerdasan seseorang dalam memahami konsep preference fungtion (preferensi) dan utility (nilai guna).Konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang hakikatnya adalah mengeluarkan sesuatu dalam rangka memenuhi kebutuhan. Dalam kerangka Islam dibedakan dua tipe pengeluaran yang dilakukan oleh konsumen muslim, yaitu pengeluaran yang dilakukan seorang muslim untuk memenuhi kebutuhan duniawi dan keluarga. Kedua adalah pengeluaran yang dikeluarkan semata-mata bermotif mencari akhirat.Upaya memenuhi kebutuhan baik berupa barang dan jasa, atau aktivitas konsumsi dalam ekonomi Islam harus sesuai dengan syariat. Konsumsi dalam Islam bukan berarti memenuhi keinginan saja tetapi harus disertai dengan niat agar bernilai ibadah. Dalam Islam manusia bukan homoeconomicus tetapi homoislamicus. Homoislamicus adalah manusia ciptaan Allah yang harus melakukan segala sesuatu sesuai dengan syariat Islam, termasuk prilkau konsumsinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-29
How to Cite
Linge, A. (2018). Konsumsi dalam Perspektif Alquran dan Hadis (Konstruksi Konsep Konsumsi Menurut Alquran dan Hadis). GEMA, 7(1). Retrieved from http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/gema/article/view/145
Section
Articles